Cara Gampang Berguru Microsoft Power Point Bagi Pemula
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint yakni sebuah aktivitas komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka yaitu Microsoft Office yang didalamnya berisi Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa aktivitas lainnya. Aplikasi ini banyak dipakai oleh kalangan perkantoran, pebisnis, dosen, guru, mahasiswa dan orang-orang yang sering melaksanakan presentasi di depan audiens.
Microsoft power point berjalan di komputer dengan sistem operasi MS Windows dan Apple Macintosh. Microsoft Powepoint merupakan bab dari paket aplikasi Microsoft Office sehingga bila kita sudah menginstal aplikasi Microsoft Office maka didalamnya sudah termasuk aplikasi Power Point.
Untuk memakai aplikasi Microsoft PowerPoint gotong royong tidak terlalu susah. Menu-menu di dalamnya sangat gampang untuk digunakan. Yang diharapkan yakni ketekunan dan waktu yang cukup untuk mempelajari cara penggunaan Microsoft Power Point. Cara yang termudah berguru Powerpoint yakni dengan praktek eksklusif menciptakan presentasi sederhana.
Sebagai panduan, silahkan ikuti langkah-langkah berguru PowerPoint yang akan diuraikan di bawah ini:
1. Masuk ke aplikasi Microsoft PowerPoint dengan mengklik ikon PowerPoint yang ada di desktop. Bila Ikon PowerPoint tidak ada di desktop maka silahkan klik Start, klik All Program.
2. Cari Microsoft Office dan bila sudah ada klik gambar folder Microsoft Office tersebut sehingga nanti muncul daftar aplikasi yang ada di folder Microsoft office. Klik Microsoft Office PowerPoint.
3. Jendela Microsoft PowerPoint akan terbuka dan siap untuk digunakan. Pada halaman awal Power Point terdapat lembar kerja (slide) kosong ibarat gambar di bawah. Sebelum memulai bekerja dengan PowerPoint, klik terlebih dahulu sajian layout untuk menentukan desain lembar kerja. Pilih desain sesuai dengan keperluan, misal kita pilih desain `Title and Content(panah no 2)
4. Setelah desain lembar kerja (slide) telah kita pilih, saatnya untuk mulai menciptakan presentasi. Klik kursor di kolom`Click to add title`, kemudian tuliskan di sana judul presentasi. Misalnya "Gerhana matahari". Kemudian Klik kursor di kolom`Click to add subtitle` dan isi dengan bahan yang sesuai dengan judul. Kadang dalam presentasi perlu disisipkan gambar/foto/clip art untuk memperjelas pembahasan. Untuk memasukan gambar/foto/clip art, klik Menu Insert dan klik Picture. Kita akan dibawa ke kotak pencarian gambat yang ada di komputer. Cari gambar yang yang dikehendaki di penyimpanan komputer dan bila sudah ditemukan klik insert.
Setelah klik insert, gambar akan masuk ke dalam lembar kerja (slide).
5. Bila lembar kerja (slide) halaman pertama telah penuh maka kita perlu halaman gres untuk melanjutkan pekerjaan. Klik New Slide, pilih desain lembar kerja yang sesuai kemudian klik di gambar yang dipilih.
6. Lakukan pengisian bahan presentasi di lembar kerja (slide) kedua dan seterusnya hingga seluruh bahan presentasi masuk ke dalam lembar kerja (slide).
7. Untuk memperindah tampilan presentasi, pilihlah desain lembar kerja (slide). Caranya klik Menu Design dan pilihlah desain yang cocok dengan cara meletakan kursor di pola desain yang ada di bawah baris menu. Coba satu persatu hingga memperoleh desain yang cocok. Bila sudah mendapat desain yang cocok klik di lokasi gambar yang terpilih.
7. Untuk memperindah tampilan presentasi, pilihlah desain lembar kerja (slide). Caranya klik Menu Design dan pilihlah desain yang cocok dengan cara meletakan kursor di pola desain yang ada di bawah baris menu. Coba satu persatu hingga memperoleh desain yang cocok. Bila sudah mendapat desain yang cocok klik di lokasi gambar yang terpilih.
8. Selanjutnya kita masuk ke Menu Animasi supaya supaya presentasi lebih menarik ketika nanti di tampilkan di depan audiens. Klik Menu Animasi dan pilih tipe animasi dengan cara meletakan kursor di lokasi gambar pola animasi. Coba satupersatu hingga menemukan animasi yang cocok. Bila sudah ada yang cocok, klik di lokasi gambar.
9. Kemudian kita akan menentukan animasi untuk tampilan judul dan isi materi. Caranya klik Custom Animation (Gambar panah 1), kemudian klik di lokasi hingga akan muncul kotak segi empat (panah no 2). Selanjutnya klik panah kecil di sebelah kanan goresan pena add effect (panah 3). Akan muncul 4 pilihan animasi. Pilih tipe animasi dengan memasukan kursor di dalam kotak pilihan (panah 4) sehingga nanti akan keluar beberapa pilihan tipe animasi. Bawa kursor ke tipe animasi yang dikehendaki dan klik di lokasi yang dipilih (panah 5).
10. Jika pilihan animasi yang dipilih tidak cocok dan ingin diubah klik di kotak nomor (panah 1) dan kemudian klik sajian remove (panah 2)yang berada di sebelah kanan sajian add effect. Kemudian pilih kembali animasi yang cocok untuk bab tersebut.
11. Bila animasi untuk judul telah selesai dipilih, lakukan untuk bab presentasi yang lain sehingga semua mempunyai animasi.(caranya klik kursor di lokasi yang akan dibuatkan animasi, klik add effect, kemudian pilih efek yang sesuai). Tanda bila tiap bab telah berisi animasi yakni adanya kotak nomor di depan bab tersebut. Bila semua pekerjaan telah selesai klik preview (panah di sebelah kiri) untuk melihat hasilnya.
12. Simpan presentasi dengan mengklik sajian simpan di kiri atas aplikasi PowerPoint.
13. Terakhir yakni melihat hasil pekerjaan dengan cara klik Menu Slide Show dan pilih Sub Menu from Begining.
13. Layar akan berkembang menjadi penuh (fullscreen). Buka presentasi dengan cara mengklik panah yang posisinya ada di sebelah kiri bawah.
Demikianlah cara pembuatan presentasi sederhana dengan memakai Microsoft PowerPoint. Lakukanlah berulang-ulang dengan cara menentukan desain dan animasi yang berbeda-beda. Tidak ada hal yang sulit jika kita mau mencoba.