Penggunaan Hyperlink Dan Action Pada Power Point

Bagi pengguna PC yang terbiasa memakai aplikasi power point tentunya akan mengenal istilah Hyperlink dan Action. Keduanya merupakan akomodasi yang biasa dipakai untuk mempercantik tampilan slide presentasi. Hyperlink merupakan akomodasi yang berkhasiat untuk menghubungkan halaman kerja satu dengan yang lain. Dapat diterapkan antar slide atau dengan aktivitas lain menyerupai word, excel, video,  dan lain-lain. Oleh sebab itu dalam keadaan slideshow tidak perlu mencari letak folder yang dikehendaki. Hanya tinggal meng-klik tombol hyperlink yang telah dibentuk sebelumnya. Action dilakukan dengan cara mengeblok teks atau gambar yang akan diberi link. Keduanya antara hiperlink dan action sering disamakan fungsinya sebab hasil dari tampilan yang hampir sama. Padahal keduanya memiliki cara yang berbeda, berikut ulasannya:

Hyperlink

1. Cara penggunaannya cukup mudah, hanya cukup pilih objek yang akan dijadikan link. Setelah itu klik kanan dan akan muncul pilihan menyerupai pada gambar di bawah ini.

Bagi pengguna PC yang terbiasa memakai aplikasi  Penggunaan Hyperlink dan Action Pada Power Point

2. Pilih Hyperlink, sehabis itu akan muncul sajian pop up menyerupai gambar di bawah ini. Jika ingin menciptakan link antar slide, pilih Place in This Document. Akan tetapi jikalau ingin menciptakan link dengan aktivitas lain misalkan dengan excel, word, gambar, atau video sanggup memilih Existing File or Web Page.

Bagi pengguna PC yang terbiasa memakai aplikasi  Penggunaan Hyperlink dan Action Pada Power Point

3. Pilih objek yang dituju kemudian klik Ok.

Action

1. Blok objek atau goresan pena yang ingin diberi link, sehabis itu arahkan kursor mouse pada sajian pilihan. Pilih Insert>Action yang terletak disamping sajian Hyperlink.

Bagi pengguna PC yang terbiasa memakai aplikasi  Penggunaan Hyperlink dan Action Pada Power Point

2. Selanjutnya akan muncul sajian pop up menyerupai gambar di atas. Klik goresan pena Hyperlink to untuk mengaktifkan link dan pilih salah satu pilihan yang terdapat di dalamnya, dari slide, file lain, atau bahkan aktivitas lain.

3. Klik Ok jikalau semua telah selesai. 
4. Pada Action terdapat aksesori lain yang tidak terdapat pada Hyperlink, ialah link to End Show berfungsi jika diklik linknya maka slideshow akan tertutup.

Itulah perbedaan penggunaan fungsi hyperlink dan action pada power point. Semoga sanggup bermanfaat bagi yang membutuhkan dan selamat mencoba pada presentasi yang akan dibuat.