Cara Membuat, Mengedit, Menghapus Hyperlink Di Powerpoint

PowerPoint merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Microsoft Office yang menjadi salah satu aplikasi andalan buat sebagian besar orang, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, sampai pekerja profesional. Maka akan menjadi keharusan jikalau kau perlu tahu banyak soal powerpoint ini/ Salah satunya yang perlu kau pelajari ialah cara membuat, mengedit, menghapus hyperlink di powerpoint.
Hyperlink atau tautan diharapkan untuk menghubungan satu slide ke slide lainnya, atau menghubungkan antara slide satu ke file lainnya sesuai impian pengguna. Dengan begitu kau dapat menghubungkan antara slide 1 dengan slide 50 hanya dengan sekali klik, atau contohnya juga dapat menghubungkan slide 3 dengan suatu halaman website hanya dengan sekali klik.

Cara Membuat Hyperlink di PowerPoint
Pada teladan kali ini penulis memakai Ms PowerPoint 2010 pada pengaplikasiannya. Namun aku kira untuk powerpoint 2007, 2013, mapun 2016 juga tidak jauh berbeda mengenai penggunaannya.

  • Pertama silahkan buka Ms. PowerPoint kamu, kemudian silahkan buat slide gres jikalau belum mempunyai slide untuk hyperlink, namun jikalau sudah mempunyai tinggal buka saja slide yang ingin dikasih hyperlink. Adapun pada teladan kali ini aku menciptakan hyperlink di powerpoint dengan slide baru, dengan memakai Insert >> New Slide, untuk menambah slide baru. kemudian untuk menciptakan hidangan button aku memakai perintah Insert >> Shape >> Rectangle, kemudian untuk menambahkan teks di dalam rectangle dengan klik pada rectangle tadi kemudian klik kanan mouse kemudian pilih Edit Text, dan silahkan ketikkan teks/tulisan sesuai keinginan.


  • Pada teladan kali ini aku akan hubungkan hidangan "Dasar Office" ke laman web http://dasar-office.blogspot.co.id sedangkan hidangan "Materi" akan di hyperlink / sambungkan ke slide MATERI
  • Untuk hyperlink di powerpoint ke halaman website / blog, caranya klik button yang ingin di hyperlink, misal dalam teladan kali ini aku klik button "Dasar Office" kemudian klik hidangan Insert >> Hyperlink, menyerupai ini

  • Selanjutnya alasannya yaitu kita mau menghubungkan (link) ke halaman web/blog maka pilih 
  • Sedangkan untuk menghubungkan / hyperlink ke sesama slide antar dalam satu file ppt, caraya cukup simple. Yakni klik button hidangan yang ingin di kasih hyperlink, misal dalam teladan kali ini button "Materi" kemudian klik menu Insert >> Hyperlink, dan pada bab link to: Pilih Place in This Document, dan pada bab Select a place in this document silahkan pilih slide tujuan hyperlink, misal dalam teladan kali ini aku ingin hyperlink mengarah ke Slide dengan judul MATERI, maka aku pilih slide tersebut. Lalu OK

  • Untuk cara menciptakan hyperlink di powerpoint sangat gampang bukan ? selanjutnya akan aku bahas cara mengedit dan menghapus hyperlink di powerpoint.
Cara Mengedit Hyperlink di PowerPoint
Untuk mengedit hyperlink di PowerPoint caranya cukup mudah, yakni klik button hidangan yang ingin di edit, misal dalam teladan kali ini mau mengedit hyperlink "Materi" maka aku klik "Materi" kemudian klik Menu Insert >> Hyperlink, kemudian rubah dengan menentukan slide lainnya sebagai tujuan hyperlink.

Cara Menghapus Hyperlink di PowerPoint
Sedangkan untuk menghapus hyperlink di powerpoint caranya ialah sebagai berikut :
Klik button hidangan yang ingin dihapus hyperlinknya, semisal dalam teladan kali ini aku akan menghapus hyperlink "Dasar Office" kemudian klik Menu Insert >> Hyperlink, kemudian klik Remove Link dan OK